Ciro Immobile Striker Pencetak Gol Terbanyak Eropa

Ciro Immobile bagai mesin pencetak gol. Sampai Maret kemarin sebelum COVID-19 merebak dan laga Serie A ditunda, pemain nasional Italia tersebut sudah mencetak 27 gol. Ia sekarang menjadi pencetak gol terbanyak di antara lima liga top Eropa. Jika saja laga sisa tetap dilangsungkan, ia bisa mencetak lebih dari 40 gol di laga liga musim ini.

Pencetak gol terbanyak dalam satu musim Serie A saat ini dipegang Gonzalo Higuain dengan 36 gol, pada musim 2015-2016 lalu. Capaian ini sangatlah fantastis, dengan rerata gol hampir 100% dalam setiap laga. Immobile bahkan sudah melebihi capaian tersebut, dengan berhasil mencetak 27 gol dalam 26 gelaran Serie A saat ini.

Ada Bantuan Tendangan Penalti

Capaian golnya memang terlalu banyak, namun jika kita telusuri, 9 gol lahir dari titik putih. Di mana adalah jumlah tertinggi di lima liga top Eropa. Jika dikurang gol dari tendangan penalti, maka gol dari permainan terbuka hanya 18. Jumlah ini juga tinggi. Ada banyak kritik memang yang diarahkan kepadanya, namun jikapun gol dari tendangan penalti dihilangkan, ia hanya kalah dari Ronaldo (21) untuk gelar top skor Serie A.

Lazio akan terus memenangkan penalti karena kecepatan daya gedor yang diperagakan. Namun, Immobile tidak akan mendapatkan banyak kesempatan seperti ini di laga-laga sisa Serie A. Untuk bisa melewati rekor Higuain, ia masih butuh 9 gol lagi. Berarti ia harus bisa terus bermain dan mencapai rerata 0,8 gol di setiap pertandingan.

Prediksi Gol

Berdasarkan statistik, Immobile bisa saja mencetak 13 gol lagi berdasarkan tingkat prediksi gol nya dalam pertandingan sisa. Walaupun angka ini menurun, Lazio masih tetap bisa mendapatkan beberapa tendangan penalti bagi sang pemain. Hal ini berarti Immobile akan dengan tipis mampu melewati rekor Higuain dengan beberapa gol saja.

Tentu saja di sini tidak dimasukkan faktor penurunan bentuk permainan secara signifikan. Di mana bisa saja terjadi, bahkan bagi pemain sekaliber C. Ronaldo sekalipun seperti yang diperagakan di awal musim ini.

Menghilang di Pertandingan Besar?

Kritik yang acap kali muncul adalah ketidakmampuannya untuk bisa berpengaruh di pertandingan besar. Hal ini bisa jadi dimengerti mengingat ia tidak pernah mengulang kesuksesannya bersama tim ke laga internasional. Beruntung baginya, ia masih memiliki ajang Euro 2020 jika masih tetap digulirkan untuk membuktikan dirinya di pentas internasional.

Ditambah lagi, saat ditantang untuk melewati rekor pencetak gol, Immobile tidak diharuskan untuk bisa mencetak gol ke gawang Juventus, Inter Milan, AS Roma ataupun Atalanta. Ada banyak lagi tim papan bawah lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pundi-pundi golnya.

Lazio merupakan tim dengan raihan gol terbanyak kedua di Serie A. Ada banyak gol yang diciptakan saat melawan tim seperti Sampdoria, Udinese, Leece, Torino, sampai Genoa. Klub tersebut bisa membantunya untuk mengumpulkan gol sebanyak mungkin dan melewati capaian gol Higuain 4 tahun lalu.

Sejarah Baru

Kesimpulannya, Immobile tidak bisa dipungkiri masuk dalam jajaran striker terbaik di Serie A. Hampir pasti, ia akan menjadi capocannoniere  musim ini. Immobile seringkali dianggap remeh dan hanya bisa dianggap oleh publik saat Lazio bisa ikut dalam gelaran Liga Champions musim depan. Akan sangat mungkin bertaruh bagi Immobile untuk bisa melewati rekor pencetak gol musim ini, dimana ia hanya perlu mencetak sedikit lebih dari 25% dari apa yang sudah dicapai sepanjang musim ini berjalan.