Siapa Penguasa Kota London Saat Ini

London memiliki enam klub yang saat ini berlaga di kasta tertinggi Liga Inggris. Mulai dari klub kelas satu seperti Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, sampai dengan West Ham United, Crystal Palace dan Watford. Semuanya memiliki gengsi tersendiri untuk bisa menguasai kota London. Di mana di kota metropolitan ini, daya tarik penonton dan harga tiket melambung tinggi jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Harga tiket di Stadion Emirates bisa mencapai 97 Pounsterling atau senilai 1,87 juta Rupiah.

Tak pelak, lahir tiga klub bergengsi di kota London. Rivalitas antara mereka sangat kentara, terlihat dalam beberapa pertandingan terakhir. Yang paling unggul saat ini dalam semua derby London adalah Chelsea, setelah berhasil menekuk Crystal Palace dan Tottenham di kandang dengan skor dua gol tanpa balas.

Trio London

Ada tiga nama klub besar Inggris yang dalam beberapa dekade terakhir berhasil mengukir nama mereka baik secara domestik maupun internasional. Mulai dari Arsenal, Chelsea sampai Tottenham Hotspur dengan berbagai capaiannya dengan pemain-pemain bintang yang diboyong.

Arsenal

Arsenal sendiri terakhir kali meraih gelar Liga Inggris adalah pada tahun 2003-2004 saat di mana nama legenda klub seperti Thierry Henry masih memperkuat Arsenal. Namun, melihat bagaimana aturan transfer berubah sejak kepindahan mereka dari markas Highbury ke Stadion Emirates beberapa tahun berselang. Di bawah arahan pelatih saat itu, Arsene Wenger, anak-anak muda besutannya mampu secara konsisten mengunci posisi zona liga Eropa hampir di setiap musimnya. Di masa ini muncul nama Cesc Fabregas, Theo Walcott sampai Jack Wilshare.

Chelsea

Chelsea di lain pihak sejak kemunduran Arsenal, muncul semakin ganas lewat akuisisi raja minyak Rusia, Roman Abramovic. Di mana kemudian memboyong Jose Mourinho dan banyak pemain bintang lainnya. Era Chelsea dimulai, dengan tenarnya nama-nama pemain berbakat seperti Frank Lampard, Didier Drogba sampai John Terry.

Tottenham

Tottenham walaupun belum berhasil mengukir gelar Liga Inggris dalam beberapa musim terakhir, mereka mampu meraih juara kedua Liga Champions di musim 2018-2019. Sebuah capaian yang spektakuler walaupun tampaknya mereka tidak mampu mengulang ekspektasi besar yang dibebankan kepada mereka musim ini setelah start beberapa laga awal yang buruk sampai sekarang hanya bisa berkutat di papan tengah Liga Premier Inggris.

Klasemen Liga Inggris

Chelsea mendominasi kota London saat ini dengan duduk di peringkat empat klasemen sementara Liga Inggris. Nama Tottenham Hotspur dan Arsenal malah berkutat di peringkat delapan dan sembilan. Posisi keduanya jelas jauh di bawah ekspektasi klub. Sedangkan nama Crystal Palace ada di peringkat 11. Sebuah posisi yang bisa membuat mereka puas setelah terseok-seok di musim sebelumnya.

West Ham dan Watford berada di posisi 16 dan 17, di mana masih berjuang untuk keluar dari zona degradasi dengan hanya unggul selisih gol dari posisi 18, AFC Bournemouth.

Ada PR besar bagi Tottenham dan Arsenal untuk berbenah agar bisa kembali bersaing di papan atas musim depan. Terlebih Chelsea sendiri yang terkena larangan transfer bisa solid untuk berada di zona Liga Champions. Jelas ini mengisyaratkan kepemimpinan yang baik ditunjukkan dari Frank Lampard dimana banyak diragukan pengamat dalam beberapa pertandingan awalnya musim ini. Namun, di bawah asuhannya, Chelsea mampu tampil konsisten dengan hampir menyapu bersih laga-laga melawan tim yang lebih lemah.

Hal ini berbanding terbalik dengan Arsenal dan Tottenham di mana banyak muncul hasil yang mengecewakan karena kalah dari tim Brighton di Stadion Emirates ataupun Tottenham yang kalah atas Wolves 2-3 awal Maret silam.