Sergio Aguero dan Manchester City: Sampai Kapan?

Tanggal lahir: 2 Juni 1988
Tinggi & berat badan: 173 cm & 77 kg
Klub saat ini: Manchester City
Kebangsaan: Argentina
Posisi: Penyerang tengah
Penampilan Internasional: 97 kali dan mencetak 41 gol

Sergio Aguero sudah membela Manchester City sejak tahun 2011 silam dengan biaya transfer dari Atletico Madrid sebesar 35 juta Poundsterling. Real Madrid saat itu berkeinginan besar untuk memboyongnya, tetapi hal ini dihalangi oleh klub asalnya karena berstatus rival kota. Walaupun berencana untuk hanya sebagai batu lancatan di Manchester City, ia akhirnya tetap tinggal bersama klub tersebut sampai lebih dari 9 tahun lamanya.

Pencapaian Aguero

Berbagai torehan gelar secara individu maupun klub sudah ia dapatkan bersama Manchester City di Inggris. Ia berhasil menjadi top skor Liga Inggris pada musim 2014/2015 sampai raihan 5 trofi liga bersama Manchester City pada tahun 2012, 2014, 2018 dan 2019.

Aguero mendapatkan inspirasi besar dari Michael Owen, di mana mereka memiliki ciri fisik yang sama. Bahkan gaya permainan pun sangat mirip jika dibandingkan dengan peraih Baloon d’Or 2001 tersebut. Aguero memiliki kecepatan dan fisik prima untuk duel dengan bek lawan, diikuti teknik dan insting gol yang tajam.

Legenda Manchester City

Tak ayal dengan gaya permainannya tersebut, ia berhasil menjadi pencetak gol terbanyak Manchester City sampai saat ini. Sama seperti Yaya Toure, ia disanjung tinggi oleh publik Manchester, tak lepas dari kebangkitan dinasti Manchester City yang baru, bersaing dengan Manchester United dan klub top Inggris lainnya sebagai tim teratas di Eropa saat ini.

Dengan sisa kontrak 1 tahun lagi, manajemen Manchester City sepertinya berpikir dua kali untuk kembali memperpanjang kerjasamanya dengan Aguero. Apalagi tahun depan saat sisa kontrak berakhir, ia akan berumur 33 tahun. Sama halnya dengan Cristiano Ronaldo, ada banyak kelebihan secara teknis yang bisa diberikan pemain berkebangsaan Argentina tersebut untuk tim yang dibelanya. Ia memiliki teknik dribble bola di atas rata-rata, dengan visi lapangan untuk melepaskan umpan untuk menciptakan peluang gol. Namun, melihat persaingan ketat di kubu Manchester City, sulit baginya untuk tetap bisa menjadi pilihan utama di skuad bertabur bintang tersebut musim depan.

Pindah ke Independiente

Kabar kepindahan Aguero ke Independiente disinyalir semakin kuat lewat komentar pelatih klub tersebut, yang menyatakan bahwa Aguero terbuka untuk kembali membela klub asalnya sejak tahun 2003 silam. Namun, untuk saat ini, Ia masih belum berpikir untuk pindah, mungkin di masa depan hal ini bisa berubah.

Bersama mereka, Aguero mencetak 18 gol dari 36 pertandingan sebelum pindah ke Atletico Madrid pada 2006. Baru kemudian ia pindah ke Manchester City pada 2011 di mana bertahan sampai sekarang.

Selain dari diri Michael Owen, Aguero mendapatkan inspirasi besar dari Javier Saviola saat ia masih membela River Plate. Kemudian pada sosok rekan senegaranya, Tevez dan Riquelme sampai Ronaldo dari Brazil. Jika kita lihat, gaya permainan Aguero banyak diadaptasi dari mereka, tidak lepas peranan karena postur fisik yang sama, di mana mengandalkan kecepatan dan kekuatan untuk mengecoh pemain bertahan lawan.

Sepertinya Aguero akan tetap menghabiskan kontraknya satu tahun lagi di Manchester City sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke klub lain. Klub MLS juga menyatakan ketertarikan untuk merekrutnya seperti Inter Miami, milik David Beckham.

Pastinya menarik untuk memantau ke mana tujuan legenda Manchester City ini selanjutnya melihat ia memiliki banyak kelebihan untuk tetap bisa berkontribusi kepada timnya, walaupun umurnya sudah menyentuh 33 tahun dua tahun lagi.