Penantang Liverpool Musim Depan di Liga Inggris

Penantian 30 tahun Liverpool akan gelar juara Liga Premier Inggris sudah di depan mata. Akan tetapi jika kita memprediksi sepak terjang tim lainnya di musim depan, baik Manchester United maupun Manchester City, keduanya bisa menjadi penantang besar bagi Liverpool untuk mempertahankan gelar juara.

Ada banyak yang akan berubah musim depan, terutama dikarenakan pandemi COVID-19. Namun, penantang gelar Liga Premier Inggris musim depan hampir pasti ada di kota Manchester.

Jika kita memantau Chelsea yang masih dalam masa transisi di bawah arahan Frank Lampard, walaupun tampak semakin solid dengan menduduki posisi ke 4 klasemen Liga Inggris. Lebih baik ketimbang Tottenham di posisi 8 yang tidak terlihat membaik sejak diambil alih Jose Mourinho.

Di kota yang sama, Mikel Arteta berhasil menunjukkan beberapa peningkatan sejak menduduki jabatan pelatih kepala pada Desember tahun lalu, namun Arsenal masih harus membeli beberapa pilar penting, dan klub terlihat kesulitan untuk memenuhi ini, terutama karena mereka kemungkinan akan kehilangan tempat di Liga Champions. Arsenal saat ini berkutat di peringkat 9, tertinggal 8 poin dari Chelsea dengan 9 pertandingan sisa.

Leicester dan Wolves bisa jadi mengikuti turnamen Eropa musim depan, namun tantangan besar mereka ada dalam menahan kepindahan pemain pilar ke klub lain. Dengan ada banyak minat yang bertambah dari klub berkantong besar untuk memboyong pemain kunci mereka, mulai dari James Maddison sampai Adama Traore. Di mana akhirnya tertinggal Manchester United dan Manchester City untuk bersaing dengan Liverpool musim depan.

Duo Manchester

Saat ini, taruhan terbaik ada pada Manchester City sebagai penantang terdepan atas asa Liverpool musim depan. Walaupun skuad Pep perlu peningkatan dalam beberapa segi, mereka tetap punya cukup pemain kelas dunia dan kedalaman skuad yang mumpuni. Didukung dana melimpah, Manchester City juga bisa memanfaatkan strategi yang terbukti berhasil dalam merekrut pemain. Direktur Olahraga Txiki Begiristain bisa mencoba menambah satu bek tengah, bek kiri dan gelandang, untuk bisa bersaing dengan Liverpool.

Hal serupa akan lebih sulit bagi Manchester United. Dengan ada banyak pertanyaan dan kemungkinan penggantian pelatih kepala, dengan nama Mauricio Pochettino untuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer musim depan. Saat ini pun mereka berkutat di posisi 5, di mana berarti di luar zona Liga Champions. Kondisi ini akan sulit untuk memikat pemain terbaik seperti halnya Manchester City.

Dengan konsistensi pertandingan Manchester United yang buruk, setelah kalah dari klub papan bawah Watford, Bournemouth sampai West Ham, walaupun berhasil menang atas Manchester City, Chelsea, Spurs dan Leicester dan menahan imbang Liverpool di kandang. Yang jelas Manchester United tidak kurang pemain berkualitas, melihat bagaimana barisan pertahanan mereka yang solid dengan rekrutan anyar Harry Maguire dan Aaron Wan-Bissaka sampai gelandang serang senilai 80 juta Euro, Bruno Fernandes musim ini.

Di barisan depan, Marcus Rashford, Anthony Martial dan Mason Greenwood berhasil mencetak total 45 gol di semua kompetisi. Melihat umur mereka yang masih muda, ada banyak yang bisa diharapkan dalam peningkatan performa musim depan.

Jika Manchester United berhasil menggaet nama target transfer mereka musim depan seperti Jadon Sancho dari Borussia Dortmund, Kalidou Koulibaly dari Napoli, Donny van de Beek dari Ajax, Jack Grealish dari Aston Villa sampai Maddison dari Leicester. Mereka bisa menjadi penantang utama di belakang Manchester City dan Liverpool, walaupun ada kemungkinan ditinggal Paul Pogba ke klub lain.

Musim panas ini bisa menjadi sangat penting bagi kedua tim, di mana transfer akan kembali dibuka. Momen ini akan bisa memprediksi klub mana yang akan bersaing dengan Liverpool dalam capaian gelaran Liga Premier Inggris 2020-2021.