Odegaard dan Real Madrid Musim Depan

Tanggal lahir: 17 Desember 1998
Tinggi & berat badan: 178 cm & 68 kg
Klub saat ini: Real Sociedad
Kebangsaan: Norwegia
Posisi: Gelandang serang
Penampilan Internasional: 22 kali dan mencetak 1 gol

Pemain muda asal Norwegia ini merupakan salah satu pemain yang paling banyak disorot sejak 19 Agustus 2014 silam. Di mana ia tampil membela tim nasional senior saat masih berusia 15 tahun dan 253 hari. Ia menjadi pemain termuda untuk membela timnas Norwegia. Baru kemudian pada 22 Januari 2015, ia dikontrak Real Madrid dengan mahar 4 juta Euro.

Setelah satu musim menghabiskan waktu di RM Castilla, klub kasta kedua dari Real Madrid, ia mulai bergabung dengan skuad senior dan membukukan debut pertamanya pada umur 16 tahun dan 157 hari. Sejak saat itu, ia dipinjamkan ke berbagai klub mulai dari Heerenveen, Vitesse di Eredivisie Belanda. Baru kemudian pindah ke Real Sociedad musim ini.

Gaya Bermain

Martin Odegaard dikenal memiliki keterampilan dan teknik mumpuni sebagai gelandang serang. Di mana ia diharapkan bisa menciptakan banyak peluang kepada timnya dengan menggunakan kreativitas yang dimilikinya. Passing akurat dilengkapi dengan visi lapangan yang tinggi, ia bisa memberikan umpan terobosan yang tepat sasaran. Lebih lagi Odegaard juga memiliki kemampuan dribble yang sangat baik untuk bisa melewati beberapa pemain bertahan untuk menciptakan peluang gol dari serangan balik.

Sejak usia belia ia memang sudah memiliki skill olah bola yang tinggi. Tak ayal ia dipanggil timnas di usia 15 tahun, sampai berhasil bergabung bersama Real Madrid sejak itu. Walaupun begitu, perkembangannya banyak disorot dan memang tidak terlihat begitu signifikan dalam beberapa tahun setelahnya. Namun, sejak membela Real Sociedad, ia mulai dewasa dan tampak bisa mengemban tanggung jawab untuk bermain di kasta tertinggi Liga Spanyol tersebut.

Performa Musim Ini

Real Sociedad secara menakjubkan berhasil bertengger di posisi keempat saat ini dengan perolehan 46 poin. Hal ini tidak lepas dari kontribusi pemain pinjaman mereka, Martin Odegaard. Di mana sepanjang musim ini membela Real Sociedad, ia sudah mencetak 4 gol dan 5 assist dalam 23 penampilan di La Liga.

Tidak hanya di La Liga, Real Sociedad juga mampu tampil hebat di gelaran Copa del Rey setelah menyingkirkan Real Madrid di laga Perempat Final. Dalam pertandingan tersebut, Martin Odegaard berhasil mengejutkan publik Santiago Bernabeu dengan gol pembuka pada menit ke 22.

Saat ini Real Sociedad akan berhadapan dengan Atletic Bilbao dalam laga Final setelah menyingkirkan Mirandes di laga Semi Final.

Potensi Musim Depan

Manajer Real Sociedad sendiri, Imanol Alguacil memuji pengorbanan dan etos kerja dari Odegaard musim ini. Bagaimana tidak, ia menjadi pemain kesayangan publik dan pelatih Real Sociedad setelah berhasil membantu menyingkirkan Real Madrid dengan skor 3-4 pada Februari lalu. Profesionalitas kerjanya tidak bisa diragukan lagi. Dan hasil tersebut menjadi bukti akan pantasnya pemain Norwegia tersebut untuk menjadi bagian penting Real Madrid musim depan.

Performa Odegaard sendiri sangat positif dengan membukukan 4 gol dan 5 assist sepanjang musim ini. Jika kita bandingkan dengan pemain lainnya di Real Madrid, hanya kalah dari Karim Benzema yang telah membukukan 12 gol dan 5 assist. Pemain bintang Madrid sendiri seperti Gareth Bale dan Eden Hazard secara total hanya mampu membukukan 3 gol dan 7 assist di La Liga.

Apalagi sejak kepindahan C. Ronaldo ke Juventus dua musim silam, peran pemain muda seperti M. Odegaard sangat dibutuhkan Zidane untuk bisa kembali mencapai performa tertinggi mereka seperti saat memenangkan Liga Champions secara berturut-turut dari 2016, 2017 sampai 2018.