Potensi Sepatu Emas Liga Champions

Walaupun Liga Champions sekarang ini tertahan karena Covid 19, kita patut menganalisis siapa yang berhak mendapatkan Sepatu Emas Liga Champions saat gelaran ini kembali dimulai nantinya. Disinyalir pemain yang membela Bayern Munchen, R. Lewandowski menduduki urutan terdepan saat ini dengan 11 gol.

Ringkasan Liga Champions

Saat ini Liga Champions sudah mencapai babak 16 besar di mana klub yang tersisa merupakan juara dan runner up dari 8 grup yang ada. Tim juara grup berurutan mulai dari grup A sampai H adalah PSG, Bayern Munchen, Manchester City, Juventus, Liverpool, Barcelona, RB Leipzig dan Valencia. Sedangkan runner up grup berisi nama-nama Real Madrid, Tottenham Hotspur, Atalanta, Atletico Madrid, Napoli, Borussia Dortmund, Lyon sampai Chelsea.

Pemain yang membela ke 16 tim ini masih berpeluang untuk menambah pundi-pundi gol mereka. Karena itu penting untuk memperkirakan seberapa jauh tim untuk bisa melanggeng sejauh mungkin agar kesempatan mencetak gol menjadi lebih banyak bagi sang pemain.

Top Skor Saat Ini

Perolehan top skor saat ini dipegang oleh penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski dengan 11 gol sampai saat ini. Kemudian diikuti oleh Erling Haaland 10 gol dari Borussia Dortmund, Serge Gnabry dengan 6 gol dari Bayern Munchen, Dies Mertens 6 gol dari Napoli sampai Harry Kane dengan 6 gol yang merupakan pemain Tottenham.

Tentunya kedua nama pertama, Lewandowski dan Erling Haaland jauh melampaui capaian pemain-pemain lainnya yang di mana paling dekat hanya berhasil meraup 6 gol.

Analisis Masa Depan

Untuk menganalisis siapa yang bisa yang menjadi top skor di akhirnya, kita perlu mempertimbangkan dua hal. Yang pertama adalah seberapa jauh klub yang dibelanya untuk bisa memenangkan gelar Liga Champions. Dan kemudian yang kedua dengan mempertimbangkan persentase gol dari sang pemain berbanding dengan total gol yang diciptakan tim. Ini mengisyaratkan seberapa penting sang pemain sebagai pencetak gol utama, untuk seterusnya bisa diandalkan di beberapa pertandingan selanjutnya.

Jika kita perhatikan berdasarkan pertandingan babak 16 besar Maret lalu, yang memiliki kesempatan besar untuk melenggang ke babak Perempat Final adalah Atletico Madrid, Dortmund, Atalanta, Leipzig, Bayern Munchen, Barcelona, Juventus sampai Manchester City. Sisanya sudah tersingkir atau memiliki kemungkinan besar tersingkir karena faktor tandang sampai agregat gol yang signifikan.

Dari 8 klub tersebut, Robert Lewandowski masih terdepan, diikuti Serge Gnabry dengan 6 gol total. Nama Kylian Mbappe dan Mauro Icardi mencuat setelah PSG mengalahkan Dortmund dengan agregat 2-3. Sisanya ada nama Gabriel Jesus dan Raheem Sterling dari Manchester City, sampai Josip Ilicic dari Atalanta.

Selanjutnya kita bandingkan perolehan gol masing-masing pemain berbanding dengan total gol tim. Lewandowski berhasil mencetak 11 gol dari total 27 gol Bayern Munchen. Berarti 40% total gol Bayern. Pemain lainnya seperti Kylian Mbappe dan Mauro Icardi masing-masing memegang 25%. Gabriel Jesus dan Raheem Sterling masing-masing 27%. Sedangkan Josip Ilicic dengan 31%.

Potensi Sepatu Emas

Jika kita simpulkan, Robert Lewandowski memiliki perolehan terbaik saat ini, diikuti analisis ke depan yang juga sangat memihak sang pemain, dengan menyumbang 40% gol Bayern Munchen. Diikuti dengan Josip Ilicic dengan 31%, dan duo Manchester City, Gabriel Jesus dan Raheem Sterling dengan 27%.

Pantas kiranya jika kita optimis untuk melihat penyerang nasional Polandia tersebut berada di barisan terdepan untuk meraih gelar sepatu emas sampai gelaran Liga Champions Eropa ditutup di akhir musim nanti.