Takumi Minamino, Gelandang Serba Guna Senjata Baru Liverpool

Takumi Minamino nama yang ramai dibicarakan belakangan ini di beberapa media ternama dunia, pemain berkebangsaan Jepang ini kini telah resmi bergabung dengan klub raksasa Inggris Liverpool.

The Reds yang bergerak selangkah lebih cepat dalam mengamankan talenta Asia yang satu ini, Minamino dibutuhkan sebagai pelapis dari trio maut saat ini yakni Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah. Pemain Jepang ini ditebus rilis klausulnya oleh Liverpool dengan harga yang cukup murah yakni hanya 7,25 juta pounds (sekitar Rp 135 miliar). Sang pemain sendiri baru akan bergabung dengan skuad pada Januari 2020 mendatang.

Direktur teknik dari RB Salzburg, Christoph Freund juga ikut mengomentari transfer Minamino, “Saya dapat mengonfirmasi bahwa saat ini ada diskusi dengan Liverpool. Ini adalah suatu kehormatan di mana klub tertarik dengan para pemain kami, ” ucap sang direktur.

Gaya Bermain Minamino

Pelatih Jurgen Klopp tidak salah dalam membeli pemain seperti Minamino, dia bisa saja menjadi pelapis Firmino dan mungkin juga untuk mengisi lini tengah milik Liverpool. Pemain dapat berposisi sebagai playmaker nomor 8 yang progresif, baik dari sisi atau sebagai pengatur serangan.

Untuk masalah cedera, dalam kariernya sang pemain pernah absen hingga 10 pertandingan pada tahun 2017 diakibatkan masalah ligamen intra-artikular, saat ini dia sudah sangat jarang bermasalah dengan kondisi fisiknya. Dia adalah pemain yang punya kecepatan, terampil serta tangguh ketika membangun serangan balik yang mencakup sepertiga lapangan.

Hubungan Baik Salzburg-Liverpool

Suksesnya transfer pemain asal Jepang ini bisa disebabkan juga karena sebelumnya telah ada tiga nama yang telah diboyong oleh Liverpool dalam tiga musim terakhir dari Salzburg, yakni Roberto Firmino, Naby Keita, dan Sadio Mane.

Mantan pelatih Leizpig dan Hoffenheim, Rangnick memberikan kabar bahwa dia memiliki pengaruh besar kepada Klopp dalam hal kebijakan rekrutmennya di Anfield, Rangnick yang saat ini menjabat sebagai kepala olahraga dan pengembangan Red Bull mengatakan bukan sebuah kebetulan bahwa Liverpool telah membawa sejumlah pemain kunci dari klub yang telah terlibat dengannya.

Menambah Daftar Pemain Asia Di Premier League

Ini jelas menambah pamor pemain Asia di pentas Liga Inggris karena sebelum Minamino terdapat nama-nama pemain bintang lainnya seperti Shinji Okazaki (Leicester), Shinji Kagawa (MU), Yoshinori Muto (Newcastle), Maya Yoshida (Southampton), Ryo Miyaichi (Arsenal), Hidetoshi Nakata (Bolton Wanderers), Kazuyuki Toda (Tottenham Hotspur), dan Junichi Inamoto (Fulham).

Pemain asal Asia memang selalu punya banyak talenta yang berkembang, bukan hanya di Inggris, tetapi di beberapa liga top Eropa lainnya, pemain asal Asia juga berkembang pesat karena memang kemampuan mereka yang terbilang cukup mumpuni untuk mengarungi kompetisi di Eropa.