Rekap Bursa Transfer Januari 2020

Akhirnya bursa transfer Januari 2020 telah ditutup, tepatnya pada Sabtu dini hari kemarin. Di mana ada banyak transaksi yang berhasil diselesaikan untuk memupuk asa sebagaian besar tim meningkatkan performa mereka dalam sisa pertandingan musim 2019/2020 ini.

Bisa dilihat dari beberapa papan tengah klasemen yang tidak puas dengan perolehan poin mereka, sebut saja klub besar seperti Arsenal, Manchester United sampai Tottenham Hotspur. West Ham yang berada di zona relegasi juga tidak ketinggalan, sampai Inter Milan di Liga Italia yang berhasil mendapatkan Christian Eriksen dengan harga diskon untuk pemain sekelasnya.

Mari simak maraknya bursa transfer tengah musim di beberapa klub papan atas Eropa bersama MaskotBola.

Liga Premier Inggris

Jika kita melihat daftar klasemen sementara Liga Premier Inggris, klub-klub besar pasti akan memantau nama-nama potensial untuk direkrut demi meningkatkan performa mereka sampai akhir musim. Sebut saja Manchester United di peringkat 7, Arsenal yang berkutat di peringkat 10 sampai klub asal London West Ham di peringkat 18.

Mulai dari Manchester United, di mana akhirnya mendapatkan pengganti dari Marcus Rashford. Apalagi sejak dihimpit masalah cederanya bulan lalu, Manchester United tanpa henti terus berusaha mencari striker pengganti baru. Dalam buruan mereka ada nama seperti penyerang Uruguay Edinson Cavani sampai Josh King, Man United tidak berhasil mengamankan tanda tangan mereka. Namun, akhirnya ada nama Odion Ighalo sebagai alternatif. Pada babak akhir bursa transfer, Man United berhasil menjamin kontrak pinjaman dengan pemain Nigeria tersebut.

Tidak sampai di sana, Man United juga menghabiskan dana transfer mencapai £68 juta untuk menggaet pemain tengah Sporting Lisbon, Bruno Fernandes pada Jumat lalu. Arsenal sendiri pada akhir jam batas penutupan bursa transfer, berhasil membawa pulang Cedric Soares. Sedangkan West Ham berani menggelontorkan dana sebesar £20 juta untuk Jarrod Bowen.

Tottenham yang berada di posisi 5 juga tidak ketinggalan memperkuat skuad mereka di bawah arahan pelatih baru Jose Mourinho. Dengan meminjam Gedson Fernandes dan membeli Steven Bergwijn seharga £25 juta, walaupun harus menjual Christian Eriksen ke Inter Milan di saat yang sama.

Secara total, klub Liga Inggris menghabiskan £230 juta, lebih tinggi dari Januari tahun lalu yang hanya £180 juta. Walaupun jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Januari 2018 di mana saat itu klub-klub di Inggris menggelontorkan dana mencapai £430 juta.

Serie A Italia

Inter mungkin yang paling berhasil dalam bursa transfer kali ini. Walaupun bursa transfer Januari sering kali menjadi jendela transfer yang paling sulit untuk mendapatkan pemain yang diincar, karena berbagai alasan. Seperti alasan pentingnya ketersediaan pemain dalam setiap tim, sehingga ada muncul keengganan dari klub penjual untuk melepas pemain mereka. Dari sisi pemain, juga enggan untuk pindah karena harus beradaptasi dengan cepat yang bisa berakibat pada penurunan performa sang pemain. Sebut saja contoh paling terkenal adalah Fernando Torres sampai Andy Carrol.

Namun, Inter sebaliknya. Mereka berhasil mendapatkan Christian Eriksen dengan nilai transfer hanya €20 juta. Sebelumnya Antonio Conte juga berhasil memastikan jasa Victor Moses, Ashley Young sampai Martin Satriano di bursa transfer kali ini. Tampaknya asa untuk bersaing dengan Juventus kian besar, yang hanya terpaut 3 poin sampai pekan 23 ini.

La Liga Spanyol

Di Spanyol, ada nama Yannick Carrasco yang kembali merumput bersama klub Atletico Madrid. Setelah sebelumnya secara mengejutkan pindah ke Cina di usia produktifnya pada 2018 lalu bersama Dalian Yifang. Pemain nasional Belgia tersebut kembali ke Atletico Madrid dengan kontrak pinjaman selama 6 bulan.

Atletico pastinya yang berada di posisi 6 klasemen sementara, membutuhkan tambahan pilihan pemain, dan Yannick Carrasco bisa menjadi solusi cepat bagi Atletico Madrid saat ini. Melihat ia tidak lagi butuh banyak waktu adaptasi, jika dibandingkan dengan banyak pilihan pemain lainnya di luar sana.

Untuk Barcelona maupun Real Madrid sendiri, tidak banyak perubahan selain nama Reinier yang direkrut Real Madrid dari klub Brazil Flamengo, sedangkan Arda Turan kembali ke Barcelona setelah masa pinjamannya habis dari tim Turki, Basaksehir.

Selain itu, Villareal berani menggelontorkan €23 juta untuk memulangkan Paco Alcacer dari Jerman, dan Sevilla yang menggaet Youssef En-Nesyri dari CS Leganes.