Prediksi Perjalanan Tottenham Hotspur Musim Ini

Prediksi Liga Premier Inggris: Posisi 6
Prediksi Liga Champions: Babak Perempat Final
Gelaran Piala Liga: Putaran Ketiga

Gagal di Piala Liga

Jeda istirahat untuk laga internasional pekan depan bisa menjadi penting bagi Tottenham untuk bisa berbenah dari rentetan hasil buruk mereka sepanjang musim ini. Dimulai sejak kalah saat menjamu Newcastle 1-0, performa buruk anak asuh Pochettino menjadi pusat perhatian banyak pengamat bola.

Terlebih hasil mengejutkan saat keluar dari gelaran Piala Liga ketika dikalahkan Colchester lewat babak adu penalti. Memainkan Troy Parrot yang masih berusia 17 tahun sebagai ujung tombak menjadi kelalaian dari tim pelatih Spurs di mana mereka tidak bisa menjebol satu gol pun dalam pertandingan tersebut. Walaupun begitu, sisa 10 pemain lain yang dipasang adalah barisan utama tim dan kekalahan dari pertandingan tersebut memberikan pukulan telak bagi manajemen dan klub secara keseluruhan.

Rentetan Hasil Buruk

Hasil buruk lainnya saat dikalahkan Bayern Munchen 2-7 di kandang, menjadi tamparan lain bagi kesebelasan Spurs. Di pekan yang sama mereka juga kalah dari tim papan bawah Brighton dengan skor 3-0. Padahal mereka memainkan 11 pemain terbaik mereka, namun apa daya, kepercayaan diri pemain sudah terkuras saat meladeni Bayern Munchen beberapa hari sebelumnya.

Walaupun berhasil menang besar di 2 laga grup Liga Champions berikutnya, lewat 5-0 atas Red Star di kandang dan 0-4 saat tandang. Harry Kane dan kawan-kawan masih sulit untuk memberikan hasil positif di Liga Inggris dengan dua hasil seri melawan Everton dan Watford, serta kalah saat tandang melawan Liverpool dan seri lagi di pertandingan kandang melawan Sheff United.

Saat ini Tottenham Hotspur berada di peringkat ke 14 dengan 14 poin, sama dengan Everton yang ada di bawahnya. Selisih dengan peringkat 6 Arsenal hanya 3 poin, menjadikan posisi tersebut sebagai target realistis bagi mereka musim ini, karena Manchester City saja yang berada 2 peringkat di atasnya sudah mengumpulkan 25 poin.

Mauricio Pochettino

Ada berbagai masalah di skuad Spurs, mulai perihal transfer pemain, penurunan performa pemain, banyaknya celah di posisi strategis dan ketidakmampuan untuk mencetak gol di momen krusial.

Pertanyaan besar akhirnya banyak ditujukan kepada Pochettino dan totalitasnya. Di mana biasanya ia adalah orang yang pertama kali hadir di setiap latihan, kali ini sering kali terlihat menghilang bahkan sebelum latihan berakhir. Banyak akhirnya menyimpulkan bahwa ia ingin segera keluar dari klub.

Apalagi banyak peluang yang bisa dimanfaatkan bersama klub lain, walaupun sebenarnya potensi Spurs sendiri sudah diperlihatkan di musim lalu, bahkan bisa lebih baik bersama kepemimpinannya. Mengingat usia skuad yang terhitung muda dengan sederet pemain potensial di segala lini.

Spurs sendiri sulit untuk memecat sang pelatih berkebangsaan Argentina tersebut karena harus membayar kompensasi besar, senilai 32 juta Poundsterling.

Prediksi Liga Champions

Walaupun dikalahkan Liverpool pada laga final Liga Champions musim lalu, perjalanan mereka sampai ke final adalah hasil terbaik dalam satu dekade terakhir. Apalagi mereka juga masuk posisi 4 besar di musim tersebut.

Musim ini, jika kita melihat performa mereka di fase grup pun, masih tidak konsisten. Kalah telak saat menjamu Bayern Munchen 2-7 memperlihatkan mereka tidak cukup matang untuk menghadapi tim besar. Mulai banyak yang ragu jika mereka mampu melewati fase knock out Liga Champions dengan mulus.

Kepercayaan diri yang sedang di titik terendah adalah salah satu alasan terbesar mereka gagal memetik kemenangan. Hanya dengan menang dalam beberapa pertandingan secara beruntun, mereka bisa mulai mencapai momentum yang sudah pernah mereka rasakan di musim sebelumnya.

Kontrak Pemain

Kendala penting lain bagi skuad Tottenham musim ini adalah ketidakjelasan kontrak dari pemain utama mereka. Nama bintang seperti Jan Vertonghen, Christian Eriksen, Danny Rose sampai Toby Alderweireld akan berakhir satu musim lagi. Dan ini bisa menjadi ancaman bagi manajemen terkait masalah bebas transfer dan pilihan pemain untuk meminta gaji yang lebih besar sebagai kompensasi.

Kita hanya bisa menunggu bagaimana proses perombakan skuad Spurs musim depan? Masa transisi ini bisa jadi sangat sulit, dan harapan terbaik mungkin terjadi adalah untuk fokus mencapai 4 besar Liga Premier Inggris musim ini.