Prediksi Juara Piala Liga Inggris 2019

Pertandingan putaran pertama Piala Liga Inggris atau Piala EFL 2019 sudah bergulir sejak 7 Agustus lalu. Sebagian besar tim adalah penghuni kasta bawah dari liga-liga di Inggris. Baru pada putaran kedua beberapa tim dari Liga Premier Inggris sudah mulai berlaga dan harus menelan pil pahit keluarnya dari kompetisi dengan sangat dini.

Tim-tim berguguran

Di putaran pertama, tim ternama yang keluar kompetisi mulai dari Wigan disingkirkan Stoke City 1-0, Middlesbrough kalah atas Crewe juga lewat adu penalti, dan West Brom dikalahkan Millwall dengan skor 2-1.

Sedangkan di putaran kedua, Derby County harus menerima kenyataan dikalahkan Nottingham Forest dengan skor telak 3-0. Fulham kalah dari Southampton 1-0, Blackburn dikalahkan Sheff United 2-1, Norwich secara mengejutkan dikalahkan Crawley Town 1-0, Cardiff kalah telak 3-0 atas Luton, QPR kalah atas Portsmouth 2-0.

Untuk tim kasta atas, Burnley kalah 1-3 atas Sunderland dan Newcastle United kalah adu penalti atas Leicester setelah seri 1-1. Sisanya Hull City, Crystal Palace, Leeds juga kalah lewat adu penalti.

Tim papan atas tersisa

Di putaran ketiga, tidak ada pertandingan big match yang akan dilangsungkan. Walaupun begitu prediksi tim yang akan melenggang dari pekan ini adalah Watford, Manchester City, Southampton, Leicester, Everton, Stoke City, Arsenal, Tottenham Hotspur, West Ham, Liverpool, Sheffield United, Aston Villa, Chelsea, Bournemouth, Manchester United dan Wolves.

Potensi juara

Sebagai juara Piala Liga Inggris tahun lalu, Manchester City maupun Liverpool yang sedang on fire sama-sama memiliki kesempatan yang baik untuk kembali meraih gelar juara kali ini. Terlebih keduanya tampak menampilkan performa menawan di Liga Premier Inggris. Tantangan keduanya ada pada prioritas Piala Liga pastinya ada di bawah gelar Liga Premier maupun Liga Champions.

Namun dengan berlimpahnya skuad cadangan yang dimiliki Manchester City, hal ini bukan menjadi masalah yang serius. Di lain pihak, Liverpool bisa saja terkendala terlebih dengan keluarnya sepupu Steven Gerrard ke Fiorentina, Bobby Duncan, yang mengisyaratkan permasalahan manajemen pemain berusia muda di klub tersebut.

Manchester United yang masih mengisyaratkan performa angin-anginan, tidak bisa dianggap serius untuk menyabet gelar juara kompetisi ini. Terlebih dengan masih banyaknya tim yang sedang on fire dan siap bersaing dengan kedua tim sebelumnya, seperti Tottenham Hotspur, Arsenal dan juga Chelsea.

Kemampuan Chelsea untuk memenangkan gelar Liga Eropa dan juga finalis Piala Liga musim lalu di bawah asuhan Maurizio Sarri menegaskan potensi tim untuk konsisten di fase knock out. Walaupun ada beban berat yang harus diemban Pulisic dan kawan-kawan setelah ditinggal Eden Hazard ke Real Madrid. Belum lagi kemampuan pelatih anyar Frank Lampard yang masih belum optimal di Liga Premier sampai saat ini.

Tottenham Hotspur juga bersaing di Liga Champions musim ini, namun berbeda halnya dengan Arsenal yang hanya bermain di Liga Eropa. Dengan tawaran hadiah yang tidak signifikan, bisa jadi Liga Eropa memiliki prioritas yang sama dengan Piala Liga musim ini bagi Arsenal.

Prediksi juara

Karena itu kami memprediksi potensi gelar akan kembali dirangkuh Manchester City yang terus menampilkan performa konsisten. Apalagi Guardiola terkenal mampu meraup beberapa gelar sekaligus dalam satu musim. Pengalamannya dalam bidang ini memperkuat potensi Man City untuk kembali memenangkan gelar Piala Liga tahun ini.

Penantang yang memiliki potensi yang sama datang dari Liverpool dan Arsenal yang sama-sama memiliki kedalaman skuad yang sama. Walaupun Liverpool jauh lebih kuat dalam fase knock out dalam Piala Liga, Arsenal menawarkan keseriusan dan pemain muda berbakat yang haus gelar untuk berkompetisi.