Pertama Dalam 17 Tahun, El Clasico Tanpa Gol

El Clasico adalah julukan atau sebutan untuk laga yang mempertemukan antara Barcelona dengan Real madrid, laga besar dan paling panas di liga teratas di Spanyol.

Ada satu fakta unik pada pertemuan terakhir mereka di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB, yaitu skor imbang tanpa menghasilkan satu gol pun di laga tersebut. Kejadian ini cukup jarang sekali terjadi dalam duel El Clasico.

Meski kedua tim sudah saling tampil menyerang, tetapi sampai peluit tanda laga berakhir tetaplah tidak ada satu gol pun tercipta, ini menjadi pertama kalinya dalam 17 tahun di pertandingan El Clasico, setelah sebelumnya terakhir kali laga imbang itu di tahun 2002.

Catatan Fenomenal Zinedine Zidane

Camp Nou memang banyak terdengar sebagai Stadion yang angker bagi beberapa pelatih yang akan melawan Barcelona, tetapi tampaknya hal ini tidak berlaku bagi seorang pelatih Zinedine Zidane.

Sejak debutnya sebagai pelatih Real madrid kala bertanding ke markas milik Barcelona pada tahun 2015-2016, saat itu anak asuhnya mampu menang tipis dengan skor 2-1 atas Blaugrana di Camp Nou.

Ini menjadi catatan apik tersendiri bagi pelatih Real madrid saat ini karena dia menjadi pelatih Real madrid pertama yang tidak terkalahkan di lima pertandingan melawan Barcelona di Camp Nou di semua kompetisi dengan catatan 2 kali menang dan 3 kali imbang.

Fakta Baru dan Unik Pasca Laga El Clasico

  • Kapten Real Madrid, yaitu Sergio Ramos sekarang menjadi pemain yang tampil paling banyak dalam sejarah El Clasico dengan mencatatkan 43 penampilan ini melewati rekor dari Manolo Sanchis, Francisco Gento, Xavi, dan Messi yang masing-masing mencatatkan 42 penampilan.
  • Lionel Messi pertama kali dalam kariernya selalu gagal mencetak gol atau assist dalam empat pertemuan terakhirnya dengan Real Madrid di semua kompetisi, ini menjadi catatan kurang bagus untuk seorang peraih Ballon d’Or.
  • 12 tembakan di 45 menit di babak pertama ini menjadi rekor pertama dengan jumlah tembakan terbanyak yang di buat Real Madrid melawan Barca di Camp Nou di semua kompetisi sejak musim 2004.

Top Skor El Clasico

Sejumlah catatan menarik selalu datang setelah pertandingan klasik Liga Spanyol duel antara Barcelona meawan Real Madrid, tak terkecuali dari daftar pencetak gol terbanyak, sejauh ini masih nama Lionel Messi yang masih berada di puncak daftar pencetak gol terbanyak.

Bagi seorang mega bintang Lionel Messi, laga melawan Real Madrid selalu menjadi sasaran empuk untuk mencetak lebih banyak gol, sejauh ini dirinya sudah mencetak 26 gol dalam duel El Clasico, bahkan jumlah gol yang disarangkannya hanya berjarak sedikit dengan lesakannya saat jumpa beberapa tim Spanyol lainnya.

Selepas kepergian sang mega bintang Cristiano Ronaldo dari Real Madrid, Messi semakin tiada pesaing yang mampu mengejar rekor gol yang dibuatnya dalam pertandingan El Clasico. Ia sukses menjadi pemain paling subur jauh mengalahkan peringkat kedua, Alfredo Di Stefano (18 gol).