Pemain Terbaik Bulan Maret

Nama pemain: Serge Gnabry
Klub dibela: Bayern Munchen
Umur: 24 tahun
Tinggi/berat: 175 cm/75 kg
Posisi: Penyerang sayap

Latar Belakang

Serge Gnabry merupakan pemain berkebangsaan Jerman dan pada umur 16 tahun, bergabung bersama akademi Arsenal. Dengan fisik prima sejak muda, ia dengan cepat bisa beradaptasi di klub barunya tersebut untuk segera bergabung bersama tim senior saat menginjak usia 18 tahun. Setelah dua musim bersama tim senior, Gnabry dipinjamkan ke West Brom sebelum akhirnya ia kembali ke Jerman, bersama klub Werder Bremen.

Hanya semusim di klub tersebut, Bayern Munchen melihat potensi Gnabry dengan langsung memboyongnya dengan mahar 15 juta Euro pada tahun 2018. Musim ini, ia mulai tampil sebagai pemain utama dan mengkilap saat berhasil mencetak dua gol ke gawang rival Arsenal, yaitu Chelsea di Liga Champions leg pertama Februari lalu.

Gaya Bermain

Dengan fisik yang mumpuni, ia disegani banyak pemain bertahan lawan karena juga bisa melakukan dribble melewati bek musuh. Bermain di posisi sayap, S. Gnabry bisa melewati pemain bertahan sayap lawan untuk melakukan umpan silang ke kotak penalti. Sekaligus menusuk ke dalam dari posisi sayap untuk menarik bek sayap lawan yang menjaganya dan melakukan tembakan langsung dari jarak jauh.

Dua pilihan gaya bermain ini memberikan Gnabry kelebihan untuk menciptakan peluang baik dengan mengobrak-abrik pertahanan lawan, maupun secara langsung melepaskan tembakan atau umpan silang. Terlebih ia memiliki kecepatan dan kekuatan fisik yang lebih baik ketimbang kebanyakan pemain sayap modern, gaya permainannya mirip dengan C. Ronaldo dan Sadio Mane.

Ia biasa ditempatkan di sayap kanan untuk melepaskan umpan silang lebih banyak dengan kaki kanannya. Walaupun juga bisa ditempatkan di sayap kiri ataupun penyerang jika ingin mencetak lebih banyak gol lewat penusukan langsung dari serangan cepat.

Serge Gnabry dan Bayern Munchen

Gnabry sudah memainkan 22 pertandingan di Liga Jerman dengan perolehan 11 gol dan 8 assist. Lebih hebat lagi, statistik di Liga Champions dengan 6 gol dan 1 assist dari 6 penampilan. Produktivitasnya hanya akan bisa terus meningkat melihat bagaimana ia bisa tumbuh sangat cepat bersama Bayern Munchen di musim pertamanya sebagai pemain utama.

Publik Bayern Munchen pun seperti kehilangan sosok A. Robben dan F. Ribery yang pensiun beberapa musim sebelumnya. Harapan tinggi ada pada pundak pemain 24 tahun tersebut untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan dua legenda sayap tim ibukota Jerman tersebut.

Potensi Serge Gnabry

Dengan usia yang masih 24 tahun, Gnabry masih menyimpan potensi untuk bisa berkembang menjadi lebih baik dalam hal teknik dan mental terutama untuk mengolah bola, umpan silang, tembakan jarak jauh, sampai kreativitas dan pengambilan keputusan. Semua ini masih bisa meningkat tajam mengingat jam terbangnya di Liga Inggris dan Bundes Liga sebelumnya masih hanya sebagai pemain pengganti, patut kita simak bagaimana ia bisa terus berkembang bersama tim asal Bavaria tersebut.

Dengan nilai pasar yang melonjak dari 15 juta Euro dua tahun lalu menjadi 80 juta Euro kini, potensinya kian besar untuk terus berkembang. Terlebih secara mengejutkan ia berhasil mencetak 13 gol dari 13 penampilan bagi tim nasional Jerman sepanjang tahun lalu. Baik penggemar Bayern Munchen ataupun publik Jerman sendiri membutuhkan sosok Serge Gnabry untuk bisa membantu mereka merangkul banyak gelar klub maupun negara paling tidak sampai satu dasawarsa ke depan.