Pemain Terbaik Bulan Ini

Nama Pemain: Cristiano Ronaldo
Klub: Juventus
Usia: 34 tahun
Tinggi/berat: 187 cm/84 kg
Negara: Portugal

Performa di Serie A Italia

Sempat lambat panas di Serie A musim ini, Ronaldo kembali ke puncak performanya pada Januari lalu. Dengan torehan 9 gol sejak Januari, menjadikan ia berada di posisi kedua pencetak gol terbanyak Serie A saat ini, tertinggal 6 gol dari Ciro Immobile.

Seolah performa Ronaldo yang naik beriringan dengan Juventus yang berhasil menjauh dari Inter dengan 3 poin di mana Juve berhasil menang 6 kali dari 7 pertandingan terakhir. Saat kalah melawan Napoli pun, Ronaldo tetap berkontribusi dalam mencetak 1 gol ke gawang A. Meret di menit 90.

Gaya Bermain

Ronaldo yang akan beranjak ke usia 35 tahun pada 5 Februari nanti, memang menunjukkan tanda-tanda fisik yang tidak sama seperti saat ia bermain bagi klub Manchester United dan Real Madrid. Di kedua tim sebelumnya ia banyak bermain di posisi sayap di mana lebih mengutamakan kecepatan dan dribel bola untuk menciptakan peluang bagi timnya. Saat ini Ronaldo hanya bermain sebagai penyerang tengah. Dan ini bisa banyak menghemat staminanya untuk tetap bermain selama 90 menit penuh, namun kita tetap harus mengancungi jempol kedisiplinan manajemen fisioterapi Ronaldo di mana ia terus bisa bermain dalam setiap pertandingan liga sampai bahkan Piala Coppa Italia dan Liga Champions sekaligus.

Walaupun pernah menjadi pemain sayap, bukan berarti ia tidak memiliki kualitas sebagai penyerang tengah. Ronaldo sangat bisa diandalkan saat duel udara, apik dalam tendangan bebas, tingkat penyelesaian peluang yang tinggi, sampai kebutuhan fisik mumpuni sebagai penyerang tengah. Pilihan penyerang lain seperti Gonzalo Higuain bahkan seringkali tergeser dari skuad utama Maurizio Sarri.

Cristiano Ronaldo dan Juventus

Juventus yang saat ini terus mengokohkan posisi mereka di peringkat 1 klasemen sementara, membutuhkan karakter pemain seperti Ronaldo. Dengan kematangan usia dan pengalaman bermain bersama Real Madrid, yang selalu bersaing ketat dengan Barcelona, bisa menjadi pembelajaran bagi pemain Juventus lainnya. Terlebih Juventus terus scudetto dalam 8 musim berturut-turut di bawah asuhan Massimiliano Allegri, tidak memiliki pesaing serius. Baru musim ini, Inter beberapa kali berhasil menyalip perolehan poin Juventus dan menjadi duri dalam asa juara Juventus bersama pelatih baru yang direkrut tahun lalu, Maurizio Sarri.

Ronaldo pun kembali berada di puncak performanya sejak pertengahan Desember kemarin, terutama sejak hattrick ke gawang Cagliari awal bulan lalu. Semua ini tidak lepas dari etos kerja Ronaldo yang diperlihatkan di sesi latihan tim yang banyak dikomentari pemain lainnya bahwa ia menjadi contoh panutan bagi pemain muda jika ingin berada di puncak performa pesepakbola secara fisik maupun mental.

Kembali Muda

Performa yang ditunjukkan Ronaldo saat ini tidak lepas dari profesionalitasnya dalam persiapan pertandingan, latihan rutin dan treatment yang dilakukannya pasca pertandingan usai. Bagaimanapun jika kita melihat kondisi fisik Ronaldo saat ini tidak kalah banyak saat disandingkan dengan sebagian besar penyerang Serie A.

Gol lewat sundulan saat melawan Sampdoria pada akhir Desember kemarin bisa menjadi bukti di mana membuat banyak penggemar sepak bola terpukau. Umpan silang setinggi 2,56 meter dari Alex Sandro bisa dicapai Ronaldo dan menjadi gol kemenangan bagi Juventus malam itu. Kiranya sangat sedikit pemain yang bisa mencapai tinggi kepala yang sama jika kita bandingkan dengan kebanyakan penyerang yang bermain di liga terbaik Eropa sekalipun. Dibutuhkan teknik dan mental mumpuni untuk mendapatkan posisi dan pergerakan yang tepat, ditambah kemampuan loncatan dan kecepatan Ronaldo dalam menyambut bola di udara. Hanya Ronaldo yang bisa melakukannya secara konsisten.