Messi Dan Barcelona: Berapa Lama Lagi?

Sudah 32 tahun umur Lionel Messi saat ini, jika kita ingat, sudah 15 tahun dia membela Barcelona. Terhitung sejak debutnya melawan Espanyol pada 16 Oktober 2004. Dengan berbagai gelar dan prestasi yang sudah diukir bersama Barcelona, Argentina, maupun secara individual, sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa ia adalah salah satu pemain legendaris dalam sepak bola modern.

Di mana awalnya dia beroperasi di sayap kanan Barcelona, kemudian bersama Guardiola, ia pindah posisi ke tengah lapangan sebagai false nine. Secara total ia sudah mencetak 417 gol dari 451 penampilan membela Barcelona.

Perpanjangan kontrak

Walaupun begitu, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu mengungkapkan kepada media bahwa ia sudah menawarkan kontrak baru selama 5 tahun kepada Messi untuk mengikatnya sampai 37 tahun. Sebuah usia di mana banyak pemain yang memutuskan untuk pensiun, apalagi untuk tetap bermain di level tertinggi bersama Barcelona untuk menjuarai La Liga dan Liga Champions setiap musimnya. Karena itulah Bartomeu menyebut kontrak tersebut sebagai kontrak abadi bagi Messi.

Messi saat ini masih memiliki masa kontrak selama 2 tahun di Nou Camp. Perihal potensi tempat berlabuh Messi selanjutnya sudah didengungkan lama sejak ia menyebut keinginan untuk membela klub sepak bola asal kotanya Newell’s Old Boys sebelum pensiun. Namun, Bartomeu tetap saja berharap ia untuk memutuskan pensiun di klub asal Katalan tersebut.

Apalagi dalam kontrak Messi yang sekarang, ada klausul yang mengizinkan ia untuk pindah secara gratis pada tanggal 30 Juni setiap tahun, jika ia berkeinginan untuk itu. Namun dengan kontrak abadi yang ditawarkan, kemungkinan posisi kepelatihan akan diberikan kepadanya. Terlebih sebagai ikon klub, figurnya sangat penting dalam manajemen dan kepentingan publikasi.

Berapa lama lagi Messi bisa bermain di level tertinggi?

Walaupun tidak terlihat Messi menurun kualitasnya di usia yang ke 32, dengan rerata gol setiap 55 menit musim lalu di La Liga. Dan sebenarnya walaupun kondisi fisik menurun pun, ia masih bisa beradaptasi dengan gaya bermainnya, seperti halnya Cristiano Ronaldo di Juventus. Ronaldo tidak lagi memanfaatkan kecepatannya seperti saat ia membela Real Madrid, namun tetap sampai saat ini ia masuk salah satu pemain bola terbaik di dunia.

Barcelona percaya Messi masih bisa menampilkan performa tingkat tinggi, apalagi untuk pertandingan-pertandingan besar, di mana pengalaman dan kreativitas Messi sangat dibutuhkan. Terlebih, Messi masih ingin tetap berusaha memenangkan Piala Dunia 2022 bersama Argentina setelah berulang kali gagal di babak final. Motivasi ini bisa menjadi jaminan bagi Barcelona bahwa ambisi dari Messi sendiri masih ada untuk tetap menjaga kebugaran dan mengasah kemampuannya setiap hari sampai beberapa tahun ke depan.

Di awal musim ini, ia absen dalam beberapa pertandingan karena cedera betis. Di laga pembuka, Barcelona harus kalah dari Athletic Bilbao. Walaupun berhasil menang 5-2 atas Real Betis, Barcelona kembali imbang saat bertandang ke markas Osasuna. Dilanjutkan dengan kekalahan atas Granada 2-0.

Padahal asa untuk selalu menang di setiap pertandingan sudah mendarah daging bagi tim ini. Baru pada pertandingan selanjutnya melawan Villareal yang berkesudahan 2-1 di Camp Nou, Messi dimainkan sejak menit awal. Saat ini Barcelona ada di peringkat ke 2 La Liga di bawah Real Madrid dengan selisih 1 angka.

Ketergantungan tim pada jasa Messi tidak bisa dipungkiri lagi. Performanya selama 15 tahun ke belakang bisa dibilang fenomenal. Terlebih ia hampir selalu masuk ke skuad utama dan menjadi pilihan sekian banyak pelatih Barcelona dalam durasi tersebut.

Apalagi, perannya musim lalu jika kita perhatikan, kontribusi 54,5% dari 90 gol Barcelona di La Liga adalah hasil dari gol dan assist dari seorang Lionel Messi.