Manajer Potensial Terbaik Untuk Direkrut Saat Ini

Sepak bola Eropa sudah bergulir selama kurang lebih dua bulan lamanya. Biasanya saat mendekati jendela transfer musim dingin, manajemen klub akan melakukan evaluasi pelatih kepala sebagai penanggung jawab performa tim sejauh ini. Dengan capaian yang di bawah ekspektasi klub, pastinya menyisakan tanda tanya akan kemampuan kepelatihannya, dan bisa saja manajemen memutuskan untuk mencari pengganti lewat jasa pelatih kelas dunia lainnya.

Ambil contoh performa Tottenham dan Manchester United yang saat ini berada di posisi 7 dan 13 klasemen Liga Premier Inggris sementara. Dalam beberapa minggu ke depan, pastinya posisi mereka akan semakin goyah jika tidak mampu menampilkan performa yang lebih baik di setiap pekannya.

Bagi Ole Gunnar Solskjaer dan Manchester United, ini adalah performa terburuk mereka dalam 30 tahun terakhir. Bisa jadi, hasil seri dari laga terakhir melawan Liverpool akan menjadi dorongan bagi Ed Woodward untuk mengambil keputusan serta memuaskan para penggemar dan pemilik saham dari performa buruk mereka.

Siapa saja pelatih yang tersedia untuk bisa direkrut saat ini? Berikut beberapa dari mereka.

Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri diberitakan sedang belajar bahasa Inggris. Pelatih asal Italia ini memiliki segudang pengalaman dan prestasi melatih AC Milan dan Juventus. Gaya kepelatihannya yang pragmatis seperti Jose Mourinho, diyakini mampu memberikan hasil, ketimbang permainan ciamik demi kepentingan publikasi dan penggemar. Hasil jauh lebih penting, terlebih Manchester United membutuhkan filosofi klub, setelah ditinggal Sir Alex Ferguson yang pensiun.

Pentingnya filosofi bermain ditunjukkan dari kepemimpinan Roberto Mancini di Manchester City. Bagaimana tidak, fondasi bermain dan kedisiplinan tim mulai terbentuk di eranya. Dan kita bisa melihat hasilnya hari ini di mana terus menghasilkan prestasi, tidak peduli siapa pelatih berikutnya, baik itu Pellegrini ataupun Guardiola.

Kedisiplinan dan filosofi sangat penting. Dan pelatih dari Italia ditengarai memiliki segudang pengalaman dan strategi yang tidak dimiliki pelatih berkebangsaan lainnya. Massimiliano Allegri adalah pelatih terbaik yang punya potensi untuk direkrut ke Inggris saat ini.

Rating penggemar : ***
Rating manajemen : *****

Laurent Blanc

Laurent Blanc pernah bermain di Inggris saat menjadi pemain bek Manchester United tahun 2001 sampai 2003. Pemain legenda asal Prancis ini pernah diasuh oleh Alex Ferguson, dan juga memenangkan gelar Liga Premier Inggris bersama MU. Diyakini hal tersebut menjadi nilai positif bagi klub Inggris manapun untuk meminangnya, apalagi setelah berhasil menjuarai Piala Dunia 2018 bersama Prancis tahun lalu.

Saat ini ia disinyalir dekat dengan Lyon, klub asal Prancis yang berkutat di posisi 14 Ligue 1. Namun Blanc cenderung akan lebih tertarik untuk tantangan di klub lebih besar di luar Prancis.

Rating penggemar : ****
Rating manajemen : ***

Erik Ten Hag

Pelatih kepala Ajax, Erik ten Hag merupakan salah satu manajer yang paling disegani di Eropa saat ini. Disinyalir ia akan menggantikan Marco Silva di Everton jika rentetan hasil buruk terus dialami klub tersebut. Pelatih berkebangsaan Belanda ini berhasil membawa Ajax memenangkan gelar Eredivisie dan Piala KNVB musim lalu. Apalagi ia juga hampir membawa Ajax berlaga di final Liga Champions walaupun digagalkan Tottenham dalam laga semifinal yang sengit.

Gaya permainannya dengan penguasaan bola dan aplikasi fleksibilitas pada setiap pemainnya, sangat mirip dengan filosofi bermain total football yang diperagakan Johan Cruyff dan Josep Guardiola bersama Barcelona. Walaupun, aplikasi ini terbatas untuk tim seperti Arsenal atau Manchester City yang mengadopsi filosofi yang sama. Dan tidak relevan jika Manchester United atau Tottenham Hotspur mengalihkan mata kepada Erik Ten Hag di pertengahan musim karena akan butuh waktu untuk penyesuaian pemain dan gaya bermain.

Rating penggemar : *****
Rating manajemen : ***