Dominasi Bayern Munchen di Jerman Musim Ini

Kompetisi Bundesliga berakhir lebih cepat musim ini. Kepastian akan juara liga didapatkan Bayern Munchen saat gol Lewandowski mengantarkan kemenangan Bayern atas Werder Bremen pada 17 Juni kemarin. Di mana jarak sepuluh poin atas Borussia Dortmund tidak mungkin lagi dikejar dengan hanya menyisakan tiga pertandingan saja.

Gelar ini adalah yang kedelapan kali secara berturut-turut bagi Bayern. Sebelum dominasi ini pun Bayern sebenarnya sudah menang 21 kali dari 44 musim Bundesliga. Rentetan gelar paling banyak diraih Bayern sebelumnya hanya sebanyak tiga kali yaitu pada 1972-74, 1985-87 dan 1999-2001. Untuk Anda yang ingin menyimak daftar odds terkini dari berbagai pertandingan top dunia, termasuk Bundesliga, bisa cek di sini.

Berdasarkan laporan UEFA, ada 11 klub yang berhasil meraup $400 juta pemasukan pada tahun 2018. Bayern hanya satu-satunya tim dari Jerman. Juve berhasil menang 9 musim berturut-turut. PSG sejak dibeli Qatar Sports Investments, berhasil menang 8 kali dari 9 musim terakhir. Sedangkan Barcelona dan Real Madrid terus bergantian mendominasi Spanyol walaupun ada A. Madrid yang mampu menjadi perusak, apalagi berhasil mencapai Final Liga Champions sebanyak dua kali dalam satu dekade ini.

Pelatih dan Pemain

Walaupun mendominasi selama 8 musim terakhir, bukan berarti tidak ada kendala apa pun. Selama durasi ini, ada banyak pergantian pelatih. Dimulai saat juara pada 2013 bersama Jupp Heynckes yang juga berhasil mempersembahkan trebel. Pep Guardiola sebagai pengganti pindah ke Man City dan digantikan oleh Carlo Ancelotti. Bersama Ancelotti, Bayern menang gelar liga pada 2017, namun gugur di Liga Champions. Setelah mandek di musim kedua Bundesliga, ia digantikan Heynckes sampai musim berakhir. Niko Kovac mengambil posisi di musim berikutnya namun dipecat pada 3 November. Dan Hansi Flick yang menjabat interim berhasil comeback untuk menang juara Bundesliga musim 2018.

Walapun terjadi banyak penggantian pelatih, stabilitas pemain tetap terjaga. Sejak 2012-2013, penjaga gawang Manuel Neuer, penyerang Thomas Müller, pemain bertahan Jerome Boateng, David Alaba dan Javi Martinez berhasil menjadi tulang punggung klub di liga. Di musim ini pun tidak jauh berbeda. Namun, hal ini akan berubah dikarenakan usia Martinez dan Boateng yang sudah menginjak 31 tahun, walaupun Neuer dan Muller baru saja meneken kontrak baru. Sedangkan Alaba masih tersisa semusim lagi walaupun tampak akan ada diskusi perpanjangan kontrak dalam waktu dekat.

Pesaing di Bundesliga

Selain Bayern Munchen sebenarnya ada beberapa klub Jerman yang masuk radar top seantero Eropa. Sebut saja Borussia Dortmund yang berada di puncak permainan di musim 2012-2013. Mereka berhasil masuk Final Liga Champions dan juara Bundesliga dua musim sebelumnya. Sekarang mereka memiliki Erling Haaland dan beberapa pemain muda lainnya di mana mereka hanya kehilangan enam poin liga sepanjang tahun ini. Selain itu ada nama RB Leipzig yang berhasil masuk Semi Final Liga Champions kali ini. Kita bisa tunggu bagaimana persaingan Bundesliga musim depan.

Berapa Lama Bertahan?

Walaupun beberapa nama sudah menyentuh kepala tiga, seperti Neuer (34), Müller (30), Lewandowski (31) dan Thiago (29). Namun sudah dipersiapkan nama pengganti seperti Joshua Kimmich (25), Serge Gnabry (24), Alphonso Davies (19), Kingsley Coman (23), Leon Goretzka (25), Pavard (24), Lucas Hernandez (24), Niklas Süle (24) dan banyak lagi.

Dortmund bisa terus bermain di level top jika berhasil mengikat Haaland, dan RB Leipzig mampu tampil lebih baik walaupun kehilangan Timo Werner. Namun dominasi Bayern tampaknya tak terelakkan. Pesaing harus mampu bekerja lebih keras dan menunggu celah untuk menyalip saat Bayern lengah.