Barisan Akademi Pemain Muda Terbaik Eropa

Setiap pemain, tidak peduli bagaimana bakat bawaan lahirnya, ia harus memulai dari akademi pemain muda di mana ia akan dididik karakter yang dibutuhkan untuk bisa mengembangkan bakat tersebut. Terlebih dalam sebuah akademi akan diajarkan fundamental sepak bola yang sangat berguna dalam peningkatan skill lebih lanjut.

Sebuah akademi yang baik akan membentuk karakter tersebut, seperti profesionalitas, determinasi, disiplin sampai fundamental permainan sejak usia belia. Setiap pemain harus memulai semua ini dari akademi, sampai suatu saat, lulus dari sana dan menjadi pemain yang potensial.

Southampton

Southampton yang baru belakangan ini mampu tampil ke kasta tertinggi Liga Inggris, dipandang sebagai salah satu akademi terbaik di Inggris. Akademi mereka menghadirkan pemain-pemain dengan fisik prima, di mana pada akhirnya para pemain lulusan akademi Southampton bisa dengan cepat dimainkan di tim utama karena alasan ini.

Salah satu pemain terbaik dunia, Gareth Bale, muncul dari hasil didikan akademi Southampton. Sekarang ia memperkuat klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Belum lagi nama pemain bintang Liga Premier Inggris saat ini seperti Luke Shaw, Alex Oxlade-Chamberlain, Adam Lallana sampai Theo Walcott pun merupakan lulusan dari Southampton. Terlebih masih banyak pemain muda potensial di skuad Southampton saat ini seperti James Ward-Prowse, Jack Stephens dan Kayne Ramsay.

Bahkan Alan Shearer pun dihasilkan dari akademi ini, di mana ia menjadi salah satu pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

Nama lulusan terbaik: Alan Shearer, Gareth Bale, Adam Lallana, Luke Shaw, James Ward-Prowse dan Alex Oxlade-Chamberlain

Sporting Lisbon

Tidak bisa dipungkiri lagi Sporting Lisbon membawahi salah satu akademi terbaik Eropa. Diyakini memiliki fasilitas kelas dunia dan metode pemantauan pemain yang luas, mereka berhasil mendapatkan pemain bertalenta sejak usia dini. Setelah dilatih, pemain mereka dijual untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Fasilitas akedemi diyakini yang terbaik, di mana sampai ada banyak tim eropa yang menggunakan fasilitas mereka untuk persiapan pra musim.

Akademi ini berhasil mencetak dua peraih Ballon d’Or, C. Ronaldo dan Luis Figo. Lulusan akademi mereka juga mengisi 12 pemain dari 23 pemain nasional Portugal di Piala Dunia yang lalu.

Nama lulusan terbaik: Cristiano Ronaldo, Luis Figo, Joao Moutinho, Nani, Ricardo Quaresma dan Eric Dier

Ajax

Ajax sudah terkenal sebagai klub yang selalu mendukung pemain muda mereka untuk dikembangkan menjadi pemain bernilai tinggi. Sejak dahulu, mereka sudah dikenal memiliki akademi terbaik dengan susunan pelatih kelas dunia.

Ada teknik khusus yang diimplementasikan di akademi Ajax di mana disebut TIPS (Technique, Insight, Personality, Speed). Keempat atribut ini yang paling ditekankan untuk dimiliki oleh setiap pemain muda di Ajax.

Salah satu alasan kunci keberhasilan mereka adalah dengan fokus pada segala hal, tidak terbatas pada atribut kunci saja. Ditambah pemantauan pemain dalam periode waktu yang lama sehingga mereka hanya merekrut pemain dengan potensi yang sudah jelas.

Nama lulusan terbaik: Edwin van der Sar, Johan Cruyff, Dennis Bergkamp, Patrick Kluivert, Wesley Sneijder dan Christian Eriksen

Barcelona

Barcelona sudah berhasil menciptakan generasi emas terbaik Eropa, dengan barisan pemain utama Barcelona yang menghasilkan berbagai trofi di bawah arahan Pep Guardiola. Akademi La Masia juga yang pertama kali melatih tiga finalis Ballon d’Or pada tahun 2010 lalu.

Model pelatihan adalah dengan implementasi total football yang terus diterapkan di tim utama, sehingga pemain muda pun tidak mengalami kesulitan beradaptasi.

Nama lulusan terbaik: Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi, Sergio Busquets, Jordi Alba, Carles Puyol, Victor Valdes dan Gerard Pique