Barisan 11 Pemain Terbaik Sepanjang Masa

Gaya elegan yang dimiliki Zidane, kepiawaian Maldini di barisan pertahan, sampai puluhan rekor terpecahkan oleh Messi. Namun, apa mereka bisa masuk ke daftar pemain terbaik sepanjang masa? Kekuatan, tekad dan keinginan untuk menang ditambah skill mengolah bola selalu menjadi atribut terpenting untuk menjadi pemain kelas satu.

Tekad untuk menjadi yang terbaik selalu ditunjukkan oleh Messi dan Ronaldo hingga bisa konsisten sepanjang karier mereka. Sebaliknya nama Adriano yang sedikit lebih pendek karier dalam sepak bola mereka tidak pernah mencapai potensi yang sesungguhnya mampu ia capai. Tetap saja nama Ronaldinho kami masukkan karena saat ia berada di puncak permainannya, ia menjadi awal kebangkitan Barcelona untuk mengklaim takhta Spanyol dan Eropa sampai satu dekade berikutnya.

Tim Maskot Bola menelusuri kembali jejak tujuh pemain generasi sebelumnya untuk mendampingi sepak bola pilihan generasi saat ini seperti Cristiano Ronaldo, Zinedine Zidane, Ronaldinho sampai Lionel Messi. Daftar ini memperhitungkan statistik dan raihan gelar dari setiap pemain, tetapi jika ingin melihat daftar odds terkini dari pertandingan dari berbagai liga, silakan cek di sini. Selamat membaca!

Penjaga Gawang Terbaik

Lev Yashin menjadi pilihan penjaga gawang terbaik kali ini. Pemain legendaris yang dijuluki Laba-Laba Hitam ini merevolusi seni menjaga gawang. Ia merupakan seorang penjaga gawang yang ikut mengorganisasi lini pertahanan, maju ke depan untuk menyambut bola sampai memotong bola lambung.

Torehan gelar yang ia persembahkan bagi Uni Soviet memang tidak banyak. Hanya satu kali juara Eropa pada 1960. Namun, kepiawaiannya diakui banyak pihak dalam sejarah dengan menjadi peraih Ballon d’Or 1963 dan penjaga gawang terbaik FIFA dalam satu abad pada 2000.

Bek Terbaik

Lilian Thuram memiliki fisik prima yang dibutuhkan seorang pemain bertahan. Tak hanya kuat, ia juga cepat dalam adu sprint dengan penyerang lawan. Pemain yang berhasil membela Prancis dalam 142 pertandingan tersebut berhasil membawa negaranya juara Piala Dunia pada 1998 dan Piala Eropa pada 2000.

Franco Baresi dikenal sebagai legenda sejati dari AC Milan dan Italia yang bagaikan tembok kokoh bagi penyerang lawan. Ia membawa Milan juara Serie A 6 kali, Liga Champions 6 kali dan Piala Dunia pada 1982.

Cafu merupakan pemain paling banyak tampil dalam sejarah Brazil dengan jumlah 142. Ia berhasil meraih gelar Liga Champions Eropa dan dua Piala Dunia. Gaya permainannya yang naik membantu sisi kanan timnya selalu mampu menyusahkan bek kiri lawan, sehingga ia dijuluki Kereta Api Cepat.

Maldini adalah legenda AC Milan lainnya di mana berhasil konsisten dalam 25 tahun ia membela klub asal Italia tersebut. Ia mempersembahkan 5 Liga Champions dan 7 gelar Serie A. Maldini menapaki jejak ayahnya dan berhasil tampil 900 kali bagi AC Milan. Kemampuannya dalam menggunakan kedua kaki dengan sama baik sangat membantu tim untuk bisa menempatkannya di semua posisi lini bertahan.

Pemain Tengah Terbaik

Alfredo Di Stefano tidak pernah tampil dalam gelaran Piala Dunia walaupun ia sudah pernah membela Spanyol, Argentina dan Kolombia di tingkat internasional. Namun, ia berhak masuk dalam jajaran 11 pemain terbaik. Efisiensi golnya termasuk paling tinggi di mana berhasil mencetak 307 gol dari 396 penampilan bagi Real Madrid. Belum lagi memperhitungkan 5 gelar Liga Champions berturut-turut yang dipersembahkan bagi Real Madrid. Sebuah rekor yang sampai saat ini belum terpecahkan.

Cristiano Ronaldo sampai saat ini menjadi rival kuat dari Lionel Messi. Ia memiliki kecepatan, kekuatan dan tekad tinggi untuk selalu menjadi lebih baik. Ditambah profesionalitasnya di dalam dan luar lapangan, membuat pemain Portugal tersebut selalu menjadi panutan pemain muda di seluruh dunia.

Zinedine Zidane merupakan pemain paling elegan yang pernah tampil. Skill dan keseimbangan sang maestro selalu menjadi yang terbaik. Pemain Prancis ini mampu mendominasi di pertandingan besar, dan menjadi panutan bagi timnya terutama saat mengalahkan Brazil 3-0 di Final Piala Dunia 1998.

Ronaldinho adalah pemain dengan skill olah bola terbaik kali ini. Masa ia membela Barcelona dikenang sebagai waktu ia berada di puncak permainannya. Xavi yang sudah bermain dengan banyak pemain bintang di Barcelona, menyebut Ronaldinho sebagai pemain terbaik. Terlebih ia sudah mendapatkan tepuk tangan dari rivalnya Real Madrid saat berhasil mencetak dua gol di Santiago Bernabeu.

Penyerang Terbaik

Ronaldo memiliki kecepatan, kekuatan dan kemampuan olah bola yang mumpuni membuat ia bisa melewati banyak pemain lawan berkali-kali. Terlebih teknik kemampuan penyelesaian penyerang Brazil tersebut bisa dibilang yang terbaik dari pemain lainnya dalam daftar.

Lionel Messi adalah pemain dengan torehan gelar individu dan klub terbanyak dalam daftar. Namun, kegagalannya dalam mengantarkan Argentina untuk meraih gelar selalu menjadi momok bagi pemain terbaik dunia saat ini tersebut.

Dalam formasi 4-4-2 berikut jika diimplementasikan strategi total football, maka tidak dibutuhkan pemain jangkar khusus karena implementasi pressing ketat ke depan. Serangan balik bisa selalu menjadi ancaman. Dan kreativitas dari Messi, Ronaldinho dan Ronaldo di depan bisa membuka peluang demi peluang agar Alfredo Di Stefano dan Cristiano Ronaldo bisa mencetak banyak gol bagi tim kesebelasan terbaik dalam sejarah ini.