Aymeric Laporte Cedera: Siapa Sosok Pengganti Di Man City

Pada awal September 2019, berita akan cedera panjang Aymeric Laporte menjadi perbincangan besar bagi kubu Manchester City seiring ditutupnya jendela bursa transfer. Seperti apa dampak absen pemain belakang bertalenta tersebut bagi asa juara Manchester City?

Ambisi menyabet pundi-pundi gelar juara seakan menyempit dengan tersebarnya berita cedera pemain belakang utama yang didatangkan senilai 65 juta Euro dari Athletic Bilbao.

Cedera ini dialami setelah berhasil mengalahkan Brighton dalam laga ke-4 Liga Premier Inggris. Bek tengah Man City tersebut terkena cedera di bagian meniskus dan tulang rawan lututnya. Kemungkinan besar setelah menjalani operasi di Barcelona, ia akan istirahat panjang sampai 2020.

Yang menjadi pertanyaan, siapa pemain yang mampu mengisi kekosongan dari cederanya Laporte paling tidak sampai bursa transfer musim dingin dibuka?

Fernandinho

Ada dua bek konvensional dalam diri John Stones dan Nicolas Otamendi. Walaupun begitu Stones sampai saat ini masih cedera paha dan memiliki sejarah cedera yang cukup panjang. Permasalahan cedera Stones ini bisa menambah sulit permasalahan ketersediaan bek belakang di kubu Man City.

Fernandinho yang sejatinya merupakan gelandang bertahan memang memiliki karakteristik yang mirip dengan bek. Terlebih pada laga melawan Brighton, Fernandinho yang merumput menggantikan Laporte untuk mendampingi Otamendi di barisan belakang.

Memang Fernandinho setipe seperti Busquets, di mana gelandang bertahan Barcelona tersebut juga sering di plot sebagai pemain bek semasa Guardiola melatih Barcelona. Dalam dua pekan terakhir pun Fernandinho terus berlatih untuk beradaptasi di posisi tersebut.

Guardiola pun menyanjung performa yang ditampilkan Fernandinho dengan naluri bertahannya. Kemudian pengalaman dan antusiasmenya untuk belajar posisi baru.

Kyle Walker

Selain prospek Fernandiho untuk ditempatkan sebagai bek tengah, Kyle Walker yang berposisi sebagai bek kanan juga disebut Pep untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Laporte.

Walker sendiri sudah cukup sering mengisi posisi bek tengah dalam skema 3 pemain bertahan, namun sama sekali belum pernah dalam skema 4 pemain bertahan.

Guardiola juga sempat mengisyaratkan untuk menurunkan Kyle Walker sebagai bek tengah dan mewanti-wanti agar dirinya siap jika nanti diberi tanggung jawab tersebut.

Pemain muda

Ada nama Eric Garcia yang sempat muncul di Piala Liga musim lalu, namun tanggung jawab yang besar diembannya setiap pekan bisa berpengaruh besar pada perkembangan potensi yang dimilikinya. Belum lagi tingkat konsentrasi yang harus selalu tinggi dimiliki seorang pemain belakang. Ide Eric Garcia sebagai pengganti Laporte tidak direkomendasikan karena sebab tersebut.

Asa juara Liga Premier Inggris

Laporte merupakan pemain utama bagi Man City musim lalu di mana hampir selalu diturunkan sebagai starter dari keseluruhan pertandingan Liga Premier Inggris.  

Posisi yang ditempatinya juga tidak hanya sebagai bek tengah sebenarnya, namun juga posisi bek kiri. Dengan rotasi antara John Stones dan Nicolas Otamendi sebagai pasangan duet bek tengah bagi klub Manchester tersebut.

Seiring ditutupnya bursa transfer klub, Manchester City secara terang-terangan memiliki keterbatasan bek tengah konvensional. Apalagi dengan sejarah rentannya cedera yang dimiliki John Stones.

Nama Fernandinho dan Kyle Walker bisa menjadi pilihan. Apalagi jika kita melihat bagaimana Busquets bahkan Mascherano dialihfungsikan dari gelandang bertahan menjadi bek tengah. Kita bisa memprediksi transformasi yang menghasilkan bek tengah kelas dunia dari diri Fernandinho jika eksperimen ini berhasil.

Harus berhasil. Apalagi asa Manchester City untuk memenangkan semua gelar dalam berbagai kompetisi yang mereka ikuti. Yang paling penting adalah fase grup Liga Champions dan Liga Premier Inggris sendiri.

Tantangan di Liga Champions sebenarnya tidak terlalu signifikan, dengan tiga klub lainnya yang mengisi grup C adalah Atalanta, Dinamo Zagreb dan Shakhtar. Bisa diprediksi, Manchester City akan lebih banyak menguasai bola sehingga bek tengah mereka akan jarang terekspos dengan serangan lawan sepanjang pertandingan berlangsung.

Yang perlu diperhatikan adalah rotasi antara setiap kompetisi dengan potensi Nicolas Otamendi, Fernandinho, Kyle Walker, Eric Garcia dan John Stones. Kemudian juga perlu mengantisipasi cederanya pemain bertahan lain, asa juara Manchester City bisa bermasalah jika ini terjadi.