Arteta dan Pondasi Arsenal Musim Depan

Pelatih kepala Arsenal, Mikel Arteta memberi peringatan pada pemainnya untuk tidak kembali dalam latihan pra musim dengan bersantai setelah berhasil juara Piala FA musim ini. Skuad utama akan kembali mulai latihan segera, tiga minggu setelah mengalahkan Chelsea 2-1 saat menang Piala FA ke-14 kalinya. Untuk Anda yang ingin melihat daftar odds terkini dari pertandingan Liga Premier Inggris dan Piala FA, bisa kunjungi halaman ini.

Gelar ini juga merupakan yang pertama bagi Arteta selama menjabat sebagai pelatih kepala, kurang dari 8 bulan di Stadion Emirates. Arteta ingin agar pemainnya untuk menunjukkan tekad dan determinasi yang sama dalam meraih gelar lebih banyak di musim yang akan datang.

Kemenangan yang lalu akan menyisakan kepuasan dalam setiap pemain Arsenal. Dan hal inilah yang tidak diinginkan Arteta. Untuk bisa terus bersaing di musim depan, mereka harus terus berusaha menjadi lebih baik, harus mampu mendominasi dalam banyak aspek lainnya yang mereka tidak miliki saat ini. Jika mindset ini diterapkan, Arteta percaya akan mampu mengakhiri musim depan dengan lebih baik lagi.

Musim lalu, Arsenal hanya mampu meraih posisi 8 klasemen akhir Liga Premier Inggris. Sebuah capaian yang buruk sejak dominasi era Arsene Wenger di Arsenal. Hasil ini tercatat sebagai yang terburuk sejak 1995. Mereka terpaut 43 poin dari Liverpool yang berhasil juara Liga Inggris. Dan jika ingin kembali bersaing untuk juara liga, kiranya akan sangat sulit melihat performa musim ini yang naik turun.

Arsenal kebobolan sampai 48 gol dan hanya berhasil mencetak 56 gol. Di semua lini harus diperbaiki jika ingin kembali masuk ke 4 besar Liga Inggris.

Mikel Arteta menggantikan Unai Emery sejak Desember lalu setelah melalui serentetan hasil buruk dan merusak peluang mereka untuk masuk ke 4 besar. Karena itulah penunjukan Arteta kian menjadi sebuah keharusan untuk bisa keluar dari buruknya performa musim ini.

Saat menggantikan Unai Emery, Arteta mengemban tanggung jawab yang sangat besar. Sebagai mantan kapten klub pastinya perannya menjadi lebih mudah untuk merangkul tim kembali bangkit dari keterpurukan. Mempersatukan kembali staf dan pemain, dan bagaimana mengubah konsistensi permainan menjadi lebih baik sejak Januari lalu.

Kapten Arsenal saat ini, Pierre-Emerick Aubameyang hanya menyisakan satu musim lagi bersama Arsenal. Ia sendiri menyatakan keinginan untuk pindah dari Arsenal karena kegagalan tim dalam meraih gelar sejak ia bergabung. Namun dengan gelar Piala FA musim ini, tentu saja situasi bisa berubah dan hal ini dikonfirmasi agen sang pemain yang akan mengumumkan perpanjangan kontraknya bersama Arsenal dalam beberapa hari ke depan.

Mengingat usianya yang sudah 31 tahun, pastinya kepindahan ke klub baru bukanlah sebuah hal yang semestinya dilakukan dikarenakan usia emasnya yang menyisakan beberapa tahun lagi. Kabar baik lainnya datang dari klub rival Chelsea, di mana Willian sudah merapat ke Arsenal secara bebas transfer.

Kemudian manajemen juga sudah mencoba membeli pemain bertahan Lille, Gabriel Magalhaes di mana secara langsung bersaing dengan Napoli dan Manchester United yang juga berminat atas jasanya. Pemain bertahan baru bisa menjadi perbaikan bagi klub Arsenal untuk menambal buruknya barisan pertahanan timnya dari duo Mustafi dan David Luiz. Walaupun David Luiz sendiri sudah diperpanjang kontraknya musim ini sehingga dipastikan tidak akan meninggalkan klub musim depan.